5 Keutamaan Aqiqah Dalam Islam

5 Keutamaan Aqiqah Dalam Islam

tujuan akikah

Aqiqah jakarta selatan – Hal itu banyak ditemui pada tengah-tengah masyarakat dengan penjuru motif alasan. Diperbolehkan pun dengan mencukupkan diri dengan seekor kambing bagi buah hati laki-laki.

Secara umum, persyaratan hewan yang boleh dijadikan hewan aqiqah hampir mirip melalui syarat hewan qurban. Orang yang menyembelih hewan kurban tidak diberikan upah, rata-rata hanya menerima daging dari hewan yang ia sembelih. Hal ini berbeda oleh aqiqah yang mana penyembelih hewan aqiqah boleh reguest upah pada empunya hajat. Dalam pelaksanaan ibadah kurban ini, terdapat sejumlah perkara yang menjadi pembahasan.

Secara istilah arti dari aqiqah ialah menyembelih hewan berupa kambing dengan jumlah tertentu oleh tujuan tasyakuran atau memanjatkan syukur atas kelahiran bayi. “Barang siapa yang hendak menyembelih untuk anaknya maka hendaknya ia menyembelih untuknya. Untuk anak laki-laki, 2 kambing dan untuk buah hati perempuan, seekor kambing, ” (H. R. Abu Daud). Beberapa ulama seperti Imam Hasan Al-Bashri, juga Imam Laits, berpendapat bahwa hukum akikah adalah wajib. Ada juga sebagian ulama yg mengingkari disyariatkannya (masyri’iyyat) akikah, tetapi pendapat ini tidak berdasar sama sekali.

Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa cara aqiqah harus dilakukan dengan menyembelih hewan atau kambing. Yang dimaksud menyembelih hewan tentu saja berbeda melalui membeli hewan untuk aqiqah.

Oleh demikian, pendapat mayoritas ulama lebih utama untuk diterima karena dalil-dalilnya, bahwa akikah adalah sunah. Nabi Muhammad dan para sahabat biasa melakukan Aqiqah ketika istri atau saudara perempuan mereka melahirkan bayi.Namun kalian tak perlu bingung mencari aqiqah murah dan terpercaya di jakarta seperti Warungkandang menyediakan berbagai pilihan paket aqiqah yang bisa kalian lihat di sini

Leave a Reply